ARTIKEL

Tips Cara Mengendarai Motor Kopling di Tanjakan hingga Turunan

Tips Cara Mengendarai Motor Kopling di Tanjakan hingga Turunan

Sobat JAP,  mengendari motor kopling manual di tengah banyaknya pengguna motor matic yang semakin ramai bukanlah hal yang mudah. Mungkin untuk kalian pengendara motor yang sudah jago akan tersenyum melihat ini. Namun tips mengendarai motor kopling di tanjakan adalah suatu hal yang penting bagi para pemula yang belum terbiasa dengan motor kopling. Berikut ini beberapa cara mengendarai motor kopling di tanjakan maupun turunan menurut JAP Battery.

1. Kuasai Perpindahan Gigi Motor

Jalan menanjakl tidak serta-merta akan muncul di depan mata. Pasti sebelum jalan menanjak sudah ada rambu sebagai penanda agar para pengendara motor mobil siap untuk mengdapi jalanan menanjak. Ketika sobat JAP melihat rambu lalu lintas itu, bisa langsung pindahkan transmisi ke gigi yang rendah, seperti gigi 2 atau gigi satu.

Jika tanjakannya curam, gunakanlah gigi satu. Kenapa gigi harus diturunkan? Karena, semakin tinggi gigi ketika motor dikendarai, maka kerja pada mesin juga kaan menjadi semakin berat untuk mendorong motor di tanjakan tersebut.

2. Gunakanlah Rem Belakang

Dalam kondisi jalan yang menanjak, sobat JAP harus menggunakan rem belakang ketika berhenti. Bertujuan untuk mencegah motor agar tidak bergerak mundur.

3. Jaga Jarak antar Kendaraan

Sobat JAP harus menjaga jarak baik itu mobil ataupun motor, karena hal ini bertujuan untuk memberikan waktu bagi kendaraan didepan jika bergerak mudur. Sehingga para pengendara yang dibelangkannya bisa menghindar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

4. Dilarang Menyalip Saat Berada di Jalanan Menanjak

Jalan yang menanjak seringkali membuat pengendara motor mobil tidak bisa melihat kendaaraan dari arah yang berlawanan. Sehingga tidak disarankan untuk Sobat JAP Battery menyalip kendaat pada saat menanjak.

Kesimpulannya untuk pengendara motor Kopling atau kopling

Meskipun sensasi jika mengendarai motor Kopling menyenangkan, hal ini juga harus sobat JAP ikui dengan kemampuan berkendara yang baik. Contohnya cara menggunakan kopling baik di jalan datar maupun menanjak. Selain itu kamu harus memastikan bawa motor yang kamu gunakan sudah dalam kondisi yang prima, sehingga nyaman dan aman untuk dipakai.

Kami merekomendasikan anda untuk memakai Aki motor dari JAP Battery, karena aki motor JAP Battery sudah dipastikan bagus aman dan terpercaya untuk segala jenis motor. Terutama untuk motor kpoling, anda tidak perlu ragu untuk memakai Aki JAP Battery, anda akan merasakan sensasi riding benar – benar bisa nikmat dan perjalanan mulus.

FAQ mengenai Motor Kopling di Tanjakan

  • Apa fungsi dari kopling?

Kopling mempunyai peran untuk menghubungkan putaran yang ada pada dua buah poros, seperti poros engkol dan poros roda gigi transmisi. Fungsi utamanya dari kopling ialah meneruskan dan memutuskan putaran mesin terhadap transfer.

  • Jika dijalanan menanjak guankan gigi berapa?

Pastikan anda di persneling 3. Jangan masukkan gigi lebih dari gigi 3 karena perseneling yang besar tidak akan kuat untuk mendorong motor kamu dari tanjakan,

  • Kapan harus menarik kopling?

Kopling hanya ditarik saat ingin ganti gigi, jika motor berhenti dalam kondisi masuk gigi, dan ketika sudah melalukan pengereman.

Cek Post Terbaru

Cek Produk Kami