ARTIKEL

Rekomendasi Aki Motor Vixion Terbaik Anti Soak

rekomendasi aki motor vixion

Rekomendasi aki motor Vixion – Di dunia yang semakin maju seperti sekarang ini tercipta sebuah sistem di dalam masyarakat. Hal ini mengharuskan orang-orang untuk berada di lokasi yang cukup jauh jika ditempuh dengan cara berjalan kaki atau kendaraan tradisional. Itulah yang menjadi alasan munculnya kendaraan-kendaraan modern yang memiliki kecepatan yang tentunya lebih cepat.

Memilih merk aki motor terbaik pastinya diinginkan oleh semua pemilik motor. Pasalnya tanpa benda ini pastinya bakal sulit bagi pemilik motor untuk menghidupkan tunggangan kesayangannya. Oleh karena itu, disarankan bagi pemilik motor untuk merawat kondisi akinya supaya performanya tetap optimal.

Namun seiring waktu, tak bisa dipungkiri kalau aki juga memiliki usia pakai. Ada saatnya aki sudah waktunya diganti karena performa yang menurun. Biasanya penurunan performa aki mulai terasa setelah pemakaian di atas 2 tahun. Bila ini terjadi, penggunaan merk aki motor terbaik wajib dipertimbangkan.

Untuk kendaraan bermotor, ada salah satu komponen yang perlu diperhatikan yaitu bagian aki. Berikut ini rekomendasi merk aki kering motor terbaik dan tips untuk memilih aki kering untuk motor yang tepat.

Tips Untuk Memilih Merk Aki Kering Motor

1. Perhatikan Dimensi Aki

Setiap motor memiliki ukuran tempat aki yang berbeda-beda, sehingga Anda harus memilih ukuran aki dengan dimensi sesuai ukuran tempat aki yang ada di motor Anda.

2. Sesuaikan Spesifikasi Aki yang Akan Anda Gunakan

Setiap orang pasti menggunakan jenis motor yang berbeda-beda. Dengan perbedaan jenis motor ini, tentunya akan memiliki kapasitas aki yang berbeda pula. Untuk itu, sesuaikan kapasitas aki dengan kebutuhan motor Anda dengan memerhatikan beberapa hal berikut ini.

Perhatikan nilai CCA (Cold Cranking Amperes)

Setiap jenis aki memiliki nilai CCA yang berbeda-beda. CCA merupakan nilai daya awal yang berfungsi menyalakan mesin motor. Semakin tinggi CCA, maka semakin besar kemampuan aki dalam mengeluarkan daya untuk menyalakan mesin. Karena setiap jenis motor membutuhkan nilai CCA yang berbeda-beda, Anda harus memilih aki sesuai dengan kebutuhan motor.

Perhatikan Ah (Ampere Hour)

Setiap aki memiliki kapasitas yang berbeda-beda dalam menyimpan energi listrik. Untuk aki dengan kapasitas 5 Ah biasanya digunakan untuk jenis motor bebek, sedangkan aki dengan kapasitas lebih besar seperti 10 Ah biasanya digunakan untuk jenis motor sport.

3. Sesuaikan Dengan Budget Anda

Banyak macam aki yang beredar di pasaran yang tentunya memiliki harga yang berbeda-beda pula. Namun tak dapat dipungkiri, harga yang semakin tinggi tentunya akan sebanding dengan kualitasnya. Jika ingin aki dengan kualitas bagus, maka siapkan anggaran yang lebih banyak.

Rekomendasi Merk Aki Motor Vixion Paling Bagus dan Terbaik di Indonesia

Dalam merk aki motor yang paling bagus serta awet dan tahan lama adalah suatu keharusan setiap pemilik kendaraan bermotor. Karena keberadaan aki terbaik merupakan bagian utama sistem kelistrikan suatu motor, salah satunya adalah JAP.

Bukan hanya starter elektrik saja yang membutuhkan daya listrik yang besar dan optimal, sistem pengapian motor juga sangat bergantung pada motor aki. Terutama motor terbaru yang menggunakan teknologi PGM-FI, atau motor tipe injeksi keluaran terbaru.

Namun merk aki paling bagus dan aki motor terbaik tetap saja memiliki umur atau masa pakai yang terbatas. Dalam waktu satu tahun hingga 2 tahun kedepan aki motor tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Daya setrum akan melemah, soak, tekor dan rusak dan bila Cara aki Basah Motor Tekor dan Soak sudah dilakukan, namun kondisi aki drop. Maka perlu peremajaan dengan aki baru berkualitas terbaik untuk motor seperti itu.

Buat kamu yang lagi cari rekomendasi aki motor beat karbu, bisa klik link ini ya sobat Otomotif.

Rekomendasi Cara Merawat Aki Motor Vixion Yang Benar

Aki adalah salah satu komponen pada motor yang memiliki peran penting dalam penggunaannya. Selain menjadi kunci utama agar starter motor Anda dapat dinyalakan, aki juga hadir untuk penonton komponen kelistrikan lainnya, seperti head lamp, lampu sign, dan indikator lainnya.

Oleh karena itu perlu dirawat agar tidah mudah direndam (mati). Bayangkan saja apabila aki motor Anda berendam, anda mungkin akan mengalami kesulitan dalam berkendara karena lampu pada motor Anda tidak bekerja secara normal. Maka dari itu, kami akan berbagi sedikit dengan Anda tentang Tips-tips Merawat Aki Motor agar Tidak Mudah Soak.

Berikut adalah tips kami untuk merawat aku motor anda.

1. Perhatikan Penggunaan Aksesoris Pada Motor Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah lebih kepada cara penggunaan motor Anda sendiri. Usahakan untuk tidak menggunakan aksesoris yang berlebihan pada motor, terutama yang menggunakan energi listrik. Contohnya seperti menambah lampu-lampu lain sebagai hiasan, perangkat audio rakitan, mengubah tipe klakson motor melebihi batas yang lebih baik.

Hal-hal sederhana ini justru akan membuat aki menjadi cepat soak dan berumur pendek.

2. Jangan Menyalakan Starter Elektrik Secara Paksa Apabila Motor Anda Susah Untuk Dinyalakan

Sebaliknya, gunakan starter manual (engkol) sebagai gantinya. Starter elektrik yang menggunakan aki sebagai sumber dayanya sebenarnya dirancang selain untuk mempermudah proses menyalakan motor, juga digunakan pada keadaan darurat seperti motor mati mendadak di jalan raya.

3. Nyalakan Motor Anda Minimal 15 Menit Setiap Harinya

Pada bagian dalam aki terdapat 2 buah plat (masing-masing memiliki kutub negatif dan positif) yang berbahan
dasar kalsium timbal (PbCa). Dengan bantuan kiprok (sejenis Diode Bridge) yang menyuplai arus listrik ke aki, plat ini akan bereaksi dengan cairan asam sulfat dan menghantarkan energi listrik menuju komponen-komponen kelistrikan lainnya.

Seiring berjalannya waktu, sel-sel yang terdapat di dalam aki akan menjadi mati (kering). Maka untuk mencegahnya, Anda harus menyalakan (memanaskan) motor Anda minimal 15 menit setiap harinya.

Perlu diingat, selalu gunakan starter manual untuk menyalakan motor dan jangan pernah memaksakan penggunaan starter elektrik apabila motor Anda susah dinyalakan.

4. Kondisi Motor Mati Saat Tidak Dipakai

Hal ini bertujuan agar pada saat motor akan dinyalakan kembali, konsumsi aki yang dibutuhkan (beban aki) tidak terlalu besar.

Dengan penggunaan komponen kelistrikan motor secara bersama-sama pada saat motor dinyalakan hanya akan mengganggu kestabilan tegangan listrik pada motor Anda.

5. Selalu periksa Ketinggian Cairan Yang Terdapat Di Dalam Aki

Usahakan agar tidak melebihi batas atas dan bawah yang tertera. Jika sudah mendekati batas bawah, segera tambahkan cairan H2O (air suling) ke dalam aki hingga hampir menyentuh batas atas.

Meskipun cairan yang berada di dalam aki berupa asam sulfat (H2SO4), namun selalu gunakan H2O (air suling) untuk proses pengisian ulang aki untuk menjaga derajat keasaman (pH) cairan dalam aki.

6. Periksa Kondisi Kedua Terminal Aki

Bila perlu, kencangkan baut pada bagian sambungan terminal dan pastikan tidak ada kebocoran pada bagian sambungan atau katup terminal aki.

Kebocoran aki akan sangat berbahaya bagi motor dan keselamatan Anda, terutama sifat cairan asam sulfat (H2SO4) yang dapat mengikis logam (korosi) dan mudah terbakar. Selain itu, adanya kelonggaran pada bagian sambungan aki akan menyebabkan timbulnya kerak putih yang dapat menghambat proses aliran listrik menuju aki.

Jika saat diperiksa ternyata sudah terdapat kera putih, segera basuh dengan air panas dan gunakan sikat kawat untuk membersihkannya. Bila perlu, Anda juga dapat menggunakan bantuan cairan WD40 untuk mengatasi kerak yang dibersihkan secara manual.

7. Periksa Kondisi Kiprok Yang Mengalirkan Arus Listrik Menuju Aki

Komponen ini sebagai pengatur untuk menyalakan listrik terutama pada tahap pengisian. Jika terdapat indikasi seperti lampu motor yang redup atau menyala dengan tidak stabil, ada kemungkinan salah satu terletak pada kiprok yang mulai rusak dan harus segera diganti.

8. Periksa Bila Ada Kebocoran Pada Bagian Badan Aki

Jika memang terjadi kebocoran, segera tukarkan aki lama Anda dengan aki baru yang dijual di bengkel-bengkel resmi Honda di sekitar Anda. Selain mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan karena aki mengandung bahan yang mudah meledak.

Lama Umur Aki Motor Umumnya

Motor aki biasanya bertahan hidup 4-5 tahun karena menghitung saat motor baru dibeli, kelistrikan motor tersebut berjalan dengan normal tanpa ada Kendala. Bila telah melewati masa tersebut maka aki yang bukan bawaan pabrik dapat bertahan selama 2 – 3 tahun dengan catatan bahwa kelistrikan motor masih terjaga tanpa kendala. Aki berkualitas biasanya memberikan jaminan garansi selama 12 bulan karena yakin bahwa umur aki akan sesuai dengan masa pakai normal. JAP sebagai salah satu brand aki dengan teknologi jepang memberkan jaminan garansi selama 12 bulan. Aki dengan garansi resmi pertama di Indonesia tanpa perlu cek berkala.

Rekomendasi Aki Motor Vixion Terbaik & Terpercaya

Buat kamu yang sedang mencari rekomendasi aki motor Vixion bisa langsung klik link ini ya sobat otomotif.

Rekomendasi aki motor Vixion sudah pasti dipercayakan kepada JAP JTZ5-S dengan jaminan garansi hingga 12 bulan tanpa perlu ada cek berkala. Spesifikasi dari aki Vixion sendiri adalah sebagai berikut:

koneksi = 12 V
Ukuran/Dimensi (Panjang : Lebar : Tinggi) = 113 : 70 : 89 mm
Ukuran aki sama bertahan dengan ukuran aki standar pabrik / OEM

Yaitu aki bebas perawatan / aki (dengan teknologi GEL ACID) untuk motor yang kualitasnya sangat baik, kuat dan awet kering.

GEL ACID adalah teknologi terbaru yaitu cairan dalam aki berbentuk GEL(jelly) dibandingkan dengan aki – aki lain yang berbentuk cairan. kelebihannya adalah ketahanan pada aki akan lebih lama dibandingkan aki lainnya dan juga jika motor terjatuh / posisi aki terbalik, air aki tidak akan tumpah dan menyebabkan kerusakan pada aki

100% Asli
Buatan Thailand
12 Volt, 3,5 Ah

PANJANG :113 MM
LEBAR : 70 MM
TINGGI : 85 MM

GTZ-4V / GTZ-5S
YTZ-4V / YTZ-5S
NTZ-4V / NTZ-5S

HONDA:
– Supra X
– Beat
– Scoopy
– Spacy
– Vario 110
– Sonic
– Absolutere
– Blade 110
– CS 1 (125cc)
– Karisma
– Kirana
– Mega Pro New 2010

SUZUKI:
– Arashi
– Hayate 126
– Let’s
– Shogun Axelo 125
– Shooter
– Spin 125 2006-2009
– Selanjutnya
– Alamat
– Shogun 125 2003-2009
– Skydrive
– Skywave

YAMAHA:
– Aerox
– Fino
– Force
– Jupiter MX King
– Jupiter Z1
– Vega
– Soul GT
– New Vixion
– R 15
– R 25
– MT 25
– Vixion 2007
– Xeon
– X-Ride
– Mio Baru
– New Scorpio Z
– Byson

KANZEN
– Super Moto 120

Kualitas yang digunakan tidak mengecewakan
Awet dan tahan lama
Rekomen untuk

Untuk yang ingin bertanya-tanya terlebih dahulu silahkan hubungi kami melalui chat, kami akan menghubungi terlebih dahulu.

Mengapa Memilih Rekomendasi Aki Motor di JAP?

Aki motor JAP merupakan aki motor dengan teknologi jepang dengan jenis aki gel. Aki dengan teknologi gel acid adalah aki dengan penguapan yang sangat minim sehingga memiliki kualitas yang sangat baik. Umur aki JAP sendiri relative Panjang mulai dari 2 – 3 tahun dengan kondisi kelistrikan motor normal. Aki motor JAP juga menjamin garansi hingga 12 bulan tanpa perlu cek berkala sehingga tidak diragukan lagi mengenai kualitas yang ditawarkan oleh aki JAP.

FAQ – Rekomendasi Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pembeli aki motor JAP

Bagaimana Cara Merawat Aki Sepeda Motor Agar Awet?

Panaskan dan gunakan motor secara rutin.
Tidak memasang aksesoris yang berlebihan dengan menggunakan aki.
Jangan lupa mematikan motor saat tidak dipakai.
Cek kondisi kedua terminal aki untuk mengetahui masa dari tipe aki kering.

Kapan Harus Ganti Motor Aki?

Ketika usia aki melewati 2 tahun kamu harus mengganti dengan aki baru. aki yang sudah tua akan mengalami penurunan performa dan bisa mogok karena di tengah jalan loh. Jadi jangan lupa untuk mengganti aki kamu ya.

Rekomendasi Aki Motor Vixion pake apa?

New V-ixion sendiri menggunakan aki kering 12 volt dan 3,5 ampere

Cek Post Terbaru

Cek Produk Kami