ARTIKEL

Cara Sederhana Merawat Motor Baru Agar Awet

Cara Sederhana Merawat Motor Baru Agar Awet

Tips merawat motor baru secara sederhana dengan benar menurut JAP Battery. Ketika anda memiliki motor baru yang sudah lama anda inginkan pasti sangat merasa senang, seperti ingin cepat – cepat mengedarai dan mencoba segala performa yang ada pada motor baru tersebut. Tapi ingat jika memiliki kendaraan jangan hanya senang memakai, baik motor lama ataupun motor baru juga harus dirawat supaya lebih awet dan tetap bagus dalam segi performa,

Cara Merawat Motor Baru Menurut JAP

Ada beberapa cara perawatan untuk motor baru yang kamu miliki baik motor matic, sport, daln tipe lainnya. Lakukan cara berikut untuk menjaga ketahanan dan performa motor baru agar lebih awet.

1. Panaskan mesin motor secara rutin sebelum digunakan

Melakukan pemanasan mesin motor sebelum digunakan pada biasanya dilakukan saat pagi hari setelah mesin motor mati semalaman. Waktu untuk memanaskan motor kurang lebih hanya 5 menit, jika anda memanaskan motor lebih dari 5 menit hal tersebut bisa membuang bahan bakar anda.

2. Manfaatkan jasa servis gratis untuk motor baru

Ketika kamu membeli motor baru, otomatis pihak dealer akan memberikan jasa servis secara gratis. Biasanya jangka waktu yang diberikan berlangsung selama 4 kali dengan kentuan tanggal yang sudah ditentukan dari pihak dealer. Pada umumnya untuk servis pertama, pihak bengkel motor akan memberikan oli dengan gratis, kemudian servis kedua dan seterusnya hanya mendapatkan servis gratis.

3. Gunakan bahan bakar beroktan tinggi

Untuk beberapa motor terbaru sudah didesain dengan tekonologi sistem injeksi dan teknologi hemat bahan bakar. Meskipun begitu jangan lupa untuk gunakan bahan bakar beroktan tinggi untuk motor baru anda. Mesin dengan teknologi injeksi sudah pasti akan bekerja lebih optimal serta lebih awet jika menggunakan bahan bakar beroktan di atas 90.

Mengapa JAP Baterry menyarankan untuk memakai bahan bakar beroktan tinggi? Karena hal tersebut akan meminimalkan kerak yang ditinggalkan oleh bensin pada injector sehingga mesin akan jauh lebih tahan lama. Selain itu, bahan bakar yang beroktan tinggi juga membuat mesin motor anda menjadi lebih harus karena mengalami pembakaran yang lebih sempurna.

4. Membersihkan motor secara rutin

Membersihkan atau mencuci motor secara rutin adalah salah satu bagian penting dalam merawat motor yang anda miliki, tentunya mencuci motor agar memiliki tampilan yang menarik. Dan tidak hanya itu kotoran seperti debu atau lumpur yang menempel berpeluang untuk bisa menjadi kerak pada kendaraan anda.

Jika anda tidak memiliki kebiasaan untuk membersihkan motor, pasti akan ada kotoran yang sudah berkerak menempel pada bagian motor anda. Kerak motor tersebut akan menjadi sumber jamur pada body dan mesin motor, kerak sangat berbahaya juga pada bagian kampas rem. Maka dari itu dari mencuci motor akan membuat anda tahu apakah terjadi kerusakan  atau tidak.

5. Hindari membawa beban atau muatan secara berlebihan 

Beban maksimal sepeda motor sekitar 120 – 130 kg. Beban yang berat membuat tekanan pada ban yang bertambah, dan menyebabkan kinerja mesin juga turut terkuras karena dipaksa menghasilkan tenaga di luar batas maksimalnya. 

Ketika anda akan berkendara jark jauh, lebih baik untuk memeriksa kembali muatan yang ada bawa. Dampak lainnya ialah frame motor akan lebih cepat rusak. Suspemsi juga cepat rusak karena tidak mampu menopang atau menahan banyak beban. 

Jadi, jika tidak menginginkan motor baru anda cepat rusak, sebaiknya hindari membawa muatan atau barang secara berlebihan.

6. Perawatan aki pada motor 

Mengetahui kondisi aki adalah hal yang tidak mudah, sehingga setiap pengguna motor matic kebanyakan pernah mengalami yang namanya mati AKI. Jika hal ini terjadi kepada kamu, tentu saja anda akan kehilangan power dari motor tersebut. Selain itu juga cahaya lampu pasti akan berkurang atau meredup, dan yang sangat membuat kesal adalah ketika aki motor matic mati pada saat menghidupkan motor harus menggunakan kick starter yang membuat kita perlu mengeluarkan banyak tenaga.

Oleh karena itu, kami menyarankan untuk memakai Aki Motor yang tepat JAP battery untuk motor tetap awet / motor baru kamu bekerja maksimal. Aki Motor JAP menjamin garansi sampai 1 tahun, tidak perlu cek secara berkala jadi sobat JAP tidak perlu repot lagi.

Pertanyaan Yang Sering Diajukan Para Pemilik Motor Baru

Repairman repair motorcycle, maintenance in garage. Mechanic fixing bike in a modern shop
  • Apakah benar jika motor baru tidak diperbolehkan untuk boncengan?

Untuk berboncengan tentu saja boleh sobat JAP, tetapi muatan atau berat tidak melebihi dari 120 kg. Karena jika hal tersebut terjadi, akan mempengaruhi mesin motor baru anda.

  • Ganti oli mesin motor berapa bulan sekali?

Pada umunya, proses penggantian oli motor baik baru maupun lama berkisar  pada 4.000 kilometer. Untuk menjaga performa pada mesin motor agar tetap stabil, ada baiknya untuk mengganti oli motor secara rutin setiap dua bulan sekali ya.

  • Apakah untuk servis pertama pada motor baru itu gratis?

Ya benar, dari pihak dealermotor baru akan memberikan jasa servis secara gratis. Biasanya jangka waktu yang diberikan berlangsung selama 4 kali dengan kentuan tanggal yang sudah ditentukan

  • Apa Aki motor terbaik untuk motor baru?

Kami merekomendasikan untuk memakai Aki motor JAP, karena aki motor yang memiliki teknologi jepan dengan jenis aki gel. Teknologi gel acid ialah aki dengan penguapan yang minim sekali sehingga mempunyai kualitas yang terbaik. Usia aki JAP relative panjang mulai dari 2 hingga 3 tahun dengan kondisi kelistrikan pada motor tersebut berjalan normal. Dan Aki motor JAP memiliki jaminan garansi sampai 12 bulan.

Cek Post Terbaru

Cek Produk Kami