ARTIKEL

CARA BELAJAR NAIK MOTOR AGAR CEPAT BISA, YUK SIMAK TIPSNYA

Cara belajar naik motor agar cepat bisa itu biasanya kembali lagi kepada calon pengendara motor, biasanya bagi mereka yang sudah biasa membawa sepeda akan lebih mudah saat belajar berkendara motor. Belajar membawa motor sendiri membutuhkan keberanian agar dapat belajar lebih mudah.

Belajar menggunakan motor sendiri bertujuan agar memudahkan pengguna untuk melakukan perjalanan-perjalanan penting seperti pergi ke kantor atau urusan penting lainnya. Perlu diingat bila sudah mampu mengendari motor di lingkuan sekitar, maka anda harus mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM) sebagai tanda bahwa kamu sudah benar-benar bisa membawa motor.

Lalu bagaimana cara belajar naik motor agar cepat bisa? Yuk simak tips yang akan diberikan oleh Admin JAP !

CARA BELAJAR NAIK MOTOR AGAR CEPAT BISA VERSI JAP #01

Berikut merupakan beberapa cara agar dapat mengendari motor dengan cepat dengan aman dan terhindar dari bahaya dijalan, berikua adalah halk penting yang perlu diketahui:

Cari Kerabat atau Teman yang Bisa Melatih Mengendarai Motor

Yang pertama, usahakan mencari kerabat/keluarga yang sudah menguasai sepeda motor. Hal ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan dasar agar Anda bisa mengendarai motor dengan baik dan benar. Dan tentu menjadi orang yang sigap ketika terjadi kesalahan dalam mengendara.

  Pelajari Teknik Mekanisme Dasar Motor

Perlu diingat juga untuk memahami teknik dasar, fungsi, jenis, dan karakteristik motor terlebih dahulu. Perlu Anda ketahui terdapat tiga jenis motor, yakni motor matik, bebek (semi otomatis) dan motor kopling (manual). Kuasai teori dan teknik dasar dari ketiga jenis motor tersebut atau salah satunya. Selanjutnya, pelajari cara menghidupkan mesin, menarik gas dan rem, serta perpindahan gigi bagi motor semi otomatis atau kopling.

  Berlatih di Tempat yang Luas

Agar lebih leluasa dan aman, berlatihlah di tempat yang luas seperi lapangan atau bisa dilakukan di sebuah kompleks perumahan yang sepi. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi hal yang diinginkan seperti menabrak kendaraan lain atau tembok.

  Pelajari Peraturan Lalu Lintas

Jika dipastikan sudah memahami teknik dan mekanisme dasarnya, Anda perlu mempelajari tentang peraturan, rambu-rambu lalu lintas dan garis marka jalan. Ini wajib dipahami untuk membuat Anda selalu berkendara dalam posisi dan kondisi aman di jalan raya. Selain itu, selalu gunakan perlengkapan berkendara seperti helm dan jaket. Hal ini dilakukan agar tidak terkenal tilang karena tidak mentaati peraturan lalu lintas.

  Pastikan Cukup Umur

Hal yang paling penting yaitu pastikan umur Anda mencukupi yakni minimal 17 tahun. Jika belum, jangan coba-coba mengendarai motor di jalan umum. Selain berbahaya, juga bisa kena tilang karena belum memiliki SIM.

  Buat SIM C

Dan yang terakhir jika sudah bisa mengendarai sepeda motor dan memiliki pengetahuan berlalu lintas, buatlah SIM C. Jika lulus ujian Anda berhak mendapat SIM sebagai izin berkendara di jalan raya.

Cara di atas akan lebih mudah jika Anda sudah mengetahui atau mahir mengendarai sepeda. Menggunakan motor terutama motor matik hampir sama seperti sepeda.

Itulah beberapa cara belajar naik motor agar cepat bisa. Perlu diingat pula dalam mengendarai sepeda motor perlu kedewasaan mental dan emosi yang terkontrol dalam berkendara di jalan raya.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Belajar Motor

Biasanya untuk dapat dinyatakan sudah mampu berkendara motor membutuhkan setidaknya 4-5 hari agar terbiasa dengan kondisi jalan. Waktu 4 – 5 hari merupakan waktu yang dibutuhkan agar mengendarai motor tanpa terlihat kaku. Butuh waktu beberapa bulan sampai bisa mengendarai motor tanpa merasa tegang, terutama ketika berpas-pasan dengan kendaraan lain, atau saat menyalip. Namun butuh waktu lebih lama lagi untuk bisa percaya diri melakukan manuver-manuver sulit.

Wakut diatas ini merupakan perkiraan secara normal yang biasanya dilalui bagi mereka yang pertama kali belajar mengendarai motor, waktu sendiri bisa lebi cepat sesuai dengan kemampuan pengguna motor sendiri dan jam terbang yang telah dilalui.

Cara Menyeimbangkan Tubuh Saat Mengendarai Motor yang Baik dan Benar

  Posisi Tubuh Tegak Rileks & nbsp

Posisi merupakan hal penting dalam belajar mengendarai motor. Posisi pertama adalah posisi tegak dan rileks. Dengan posisi tegak dan rileks kamu tidak akan mudah capek dalam berkendara. Bayangkan kamu duduk dengan posisi membungkuk misalnya, kamu akan menjadi lebih mudah capek bukan, bro? Nah posisi tubuh tegak ini bisa menghindari kelelahan saat berkendara dengan menggunakan kendaraan sepeda motor. Selain itu, posisi tubuh yang tegak juga akan lebih mudah menyeimbangkan kendaraan sepeda motor kamu lho. Posisi ini terbukti merupakan posisi terbaik untuk handling sepeda motor. Kamu akan lebih mudah membelokkan dan juga bermanuver dengan posisi tubuh yang tegak.

  Posisi Lengan Jangan Terlalu Lurus

Yang dimaksudkan lengan jangan terlalu lurus adalah posisi lengan yang memegang stang haruslah ada jarak sehingga siku masih bisa ada tekukan. Jika tangan terlalu lurus dan tidak ada tekukan di siku, kondisi tangan kita akan sangat lelah, terlebih saat melakukan pengereman dan juga jika menggunakan sepeda motor dengan kopling.Dengan posisi tangan ada tekukan di siku tentunya posisi kita menjadi lebih nyaman sehingga badan kita tidak mudah lelah. Selain itu fungsi kerja dari tekukan yang ada di siku ini bisa menjadi “suspensi” sehingga memudahkan kita mengoperasikan kendaraan sepeda motor dengan mudah.</li>

Jangan pernah menggunakan jari kurang dari 4 jari memegang stang. Dengan memaksimalkan penggunaan jari kita, tentunya kita akan merasa nyaman dalam berkendara. Selain itu penggunaan empat jari ini berfungsi sebagai salah satu standar keamanan dalam berkendara.Dengan menggunakan empat jari pada stang di tuas gas, kita juga menerapkan pengereman dengan 4 jari sehingga kesalahan pada saat pengereman akan sangat jarang terjadi. Sebagai contoh pengereman dengan masih posisi gas terbuka. Pengereman dengan 4 jari ini juga adalah pengereman yang sangat benar tekniknya yang diajarkan pada acara event safety riding yang sering diajarkan.

  Gunakan Semua Jari Untuk Menggenggam Tuas Stang

  Posisi Lutut Rapat Ke Arah Depan

Posisi ini sangatlah penting untuk diperhatikan, yaitu posisi lutut ke arah depan dengan posisi rapat. Posisi seperti ini sangat baik untuk melindungi badan kita saat terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Selain itu posisi lutut yang rapat dan juga memudahkan kamu untuk menyeimbangkan sepeda motor bro.Posisi ini juga merupakan posisi standar keselamatan yang merupakan bagian materi dari safety riding. Keseimbangan dan juga keamanan akan menjadi terjaga dengan posisi seperti ini. Posisi ini berlaku ke semua tipe kendaraan dari mulai matik, sports, bebek, dan lain – lain.

  Posisi Duduk Yang Pas (Pinggul Berada Tepat Di Atas Jok)

Agar kamu tidak merasa cepat lelah, tentunya kamu harus memperhatikan tempat duduk di jok yang benar. Biasanya cara yang digunakan adalah dengan cara berdiri sebentar dan kemudian duduk, cari posisi paling enak dan nyaman. Jika kita merasa nyaman kita akan lebih mudah untuk menyeimbangkan posisi sepeda motor. Selain itu kita juga tidak mudah lelah dengan posisi yang nyaman.

Jika kamu menerapkan posisi tubuh seperti di atas, sudah jelas selain kamu menjadi tidak mudah lelah, kamu juga akan menjadi lebih aman dalam berkendara, kamu akan menyelam dan minum air sekaligus. Dengan menggunakan posisi tubuh seperti ini kamu juga sudah menerapkan standar keamanan dalam berkendara lho. Pastikan jangan sampai motor kamu mogok saat sedang latihan membawa motor ya Sobat JAP, gunakan selalu aku berkualitas dari JAP agar kamu aman apapun aktivitas yang kamu lakukan. Semoga cara belajar naik motor cepat bisa ini dapat membantu kamu ya !

Cek Post Terbaru

Cek Produk Kami